Review Buku : Tuhan, Inilah Proposal Hidupku

    Author: Unknown Genre: »
    Rating

    Title : Tuhan, Inilah Proposal Hidupku
    Penulis : Jamil Azzaini
    Terbitan : Maret 2009 oleh Gramedia Pustaka Utama
    Cetakan : Paperback, 102 pages
    Dimensi : 140 x 210
    No. ISBN : 9789792244380
    Rate : 8 of 10


    Perkenalan saya dengan kek Jamil Azzaini sedikit terlambat, sekitar 3 bulan lalu. Seorang teman meminjamkan saya buku Ahmad Rifai Rif'an berjudul "God I Miss You" mendorong saya mencari buku pengembangan diri islam lain, entah bagaimana nyasar ke info mengenai buku ini. (Mengandung spoiler) Sebenarnya buku sejenis sudah banyak beredar, uniknya sang penulis seperti memberi 'ruh' tak terlihat yang membuat saya lebih paham dan mau 'mulai bergerak sedikit demi sedikit' dibanding membaca buku lain. Mungkin karena buku ini tipis, padat, jelas, plus panduan simple membuat proposal hidup ala kita sendiri.

    Kalau untuk bikin acara yg digelar beberapa hari saja butuh proposal & persiapan matang berbulan2. Mengapa untuk hidup kita yg berjalan puluhan tahun kita tidak membuat proposal hidup. Saat berdoa sama Tuhan, kita tinggal mengajukan Proposal Hidup. Doa dan tujuan gerak kita jadi terarah.
    Kek Jamil menulis semacam "buku kerja" dalam menyusun proposal hidup :
    1. Deskripsi diri kita
    2. Prestasi terbaik apa yang hendak kita raih dalam jangka waktu tertentu
    3. Kegiatan apa yg menghasilkan Prestasi terbaik tsb
    4. Pembagian 24 jam sehari digunakan untuk apa saja
    5. Apa Kegiatan Negatif + Komitmen kita untuk berubah
    6. Siapa Guru yang akan kita jadikan teladan
    7. Siapa Sahabat yg mendukung Prestasi kita
    Terakhir Membuat Target & Evaluasinya Setiap 3 bulan sekali.

    Jika proposal hidup ditulis dengan jelas, kemungkinan untuk terwujud menjadi lebih besar. sebab alam bawah sadar kita juga ikut 'membaca'. Dulu hal ini pernah saya buktikan beberapa kali. Saat saya menginginkan kamar sendiri, dan saat saya menargetkan gaji "sekian" dibandingkan tempat kerja saya dulu. Apalagi ditambah dengan visual (gambar), wuih tambah MakNyos.

    Semua berawal dari mimpi, teruslah berusaha. Allah tidak akan menyiakan upaya hamba2Nya :)
    Re-Post From My Review in GoodReads Indonesia
    Behind This Book Review

    Leave a Reply

    Followers


    Diperbolehkan Copy Paste dengan mencantumkan link sumber. Komentar, Saran dan Kritik, sangat dihargai.